Becak ala Amerika Orlando

Siapa bilang di Amerika tidak ada becak? Di Orlando, negara bagian Florida, Amerika Serikat, becak-becak hilir mudik di seputaran wilayah International Drive. Namanya memang bukan becak, tetapi Paddycab. Konstruksinya juga tidak terlalu mirip dengan beca di pinggiran Jakarta, Medan, Palembang atau kota-kota lain di Tanah Air.

http://www.duniaproduk.com/serverupload/uploadsberita/14918/174_m.jpg

Becak Orlando dibangun dari sepeda jenis mountain bike, atau sepeda gunung yang diberi sambungan rangka besi beroda dua pada bagian belakang. Rangka belakang diberi tempat duduk buat penumpang. Ada becak yang memiliki satu tempat duduk untuk dua penumpang namun ada juga yang didesain dua baris untuk empat penumpang.

Menurut Paul Blake (48), salah seorang pengayuh becak, paddycab hanya ada di kota Orlando dan beroperasi di seputaran International Drive. Kawasan International Drive dipenuhi lokasi hotel dan pusat jajanan di kota turis Amerika itu. Di kawasan itu juga terdapat Orange County Convention Centre yang merupakan tempat pertemuan, pameran, simposium dan kegiatan lain yang nyaris tidak pernah sepi sepanjang tahun.

"Setidaknya ada lebih dari 20 paddycab di Orlando. Kalau siang memang agak sepi, karena masih banyak taksi, bis atau angkutan umum. Kalau malam, jumlahnya lebih banyak karena angkutan untuk jarak dekat sudah sangat jarang. Kalau mau jalan kaki terasa jauh, namun terlalu dekat untuk naik taksi. Taksi biasanya enggan membawa penumpang untuk jarak pendek," ujar Paul.

Berapa ongkos becaknya Paul? "Tergantung jarak. Sekitar 5 dollar sampai 20 dollar Amerika, untuk satu penumpang," kata Paul.

Berapa penghasilan satu hari? "Tidak pasti. Kalau lagi banyak pertemuan, saya dapat mengumpulkan lebih dari 100 dollar per hari," katanya.

O ya, ada satu lagi perbedaan Paul dengan pengayuh becak di tanah Air. Dalam beroperasi, Paul memakai asesoris layaknya pengayuh sepeda. Bajunya jenis parasut yang biasa dipakai pengayuh sepeda, celana pendek dan memakai kacamata sporty. Hanya saja, Paul tidak memakai helm sepeda. Beca-beca Orlando tidak berjalan di jalur lalu lintas mobil, melainkan mengambil bagian di jalur pejalan kaki.

Tidak semua paddycab dapat masuk ke kawasan Orange County Convention Centre. Paul boleh beroperasi karena sudah terdaftar sebagai beca yang boleh beroperasi di kawasan itu. Di dadanya terdapat ID card khusus untuk memasuki Orange County Convention Centre, lengkap dengan foto dirinya. (Syahnan Rangkuti melaporkan dari Orlando, Amerika Serikat)
sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Majalah Bugil Indonesia Jaman Dulu

8 Gaya Rambut Selebriti Terpopuler Sepanjang Masa