Pendiri PayPal Akan Mendirikan Negara Terapung

Pendiri Pay Pal yang juga investor awal Facebook, Peter Thiel, telah mendonasikan US$1,25juta untuk proyek pulau terapung di perairan internasional. Proyek ambisius ini menargetkan pembangunan sebuah negara baru yang sama sekali tidak terikat dengan sistem hukum mana pun kecuali hukum internasional.

Majalah Details mengupas, Thiel menjadi penyokong utama Institut Seasteading yang menyelenggarakan sayembara pembangunan pulau ini. Pulau ini akan dibangun berdasarkan fondasi kilang minyak lepas pantai di laut internasional. Dari pulau ini, akan dikembangkan hukum baru yang bebas dari hukum negeri mana pun seperti tak ada upah minimum atau kelonggaran pemilikan senjata.

"Banyak orang yang menyebut ini tidak mungkin," kata Thiel seperti dilansir Details, Agustus 2011. "Padahal ini adalah ide bagus. Kita tidak harus memikirkan orang-orang itu karena ketika mereka berpikir tidak mungkin maka mereka tidak menganggap kita serius," ujarnya.

Patri Friedman dari Institut Seasteading menyatakan kelompok ini akan meluncurkan sebuah taman kantor di perairan San Fransisco tahun depan. Pemukiman akan didirikan tujuh mendatang.

Thiel bukan kali ini saja membuat heboh. Tahun ini, dia juga meluncurkan dana sayembara US$1,5 miliar untuk mengarahkan para pengusaha melewatkan saja perkuliahan.

Sementara, bos Lembah Silikon lain, pendiri Amazon Jeff Bezos, mengumumkan Juni lalu akan membiayai proyek "Clock of the Long Now." Jam yang dibangun di sebuah pegunungan di barat Texas ini didesain untuk terus berdetak selama 10.000 tahun ke depan.

sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Gambar Foto Lucu Film Titanic

[HOT] Natalie Sarah Sexy Pose on Popular Magazine