Mengapa Makanan yang Dipanggang Cenderung Menghitam?

Memanggang daging bisa membuat bagian tertentu daging berwarna hitam. Namun, tahukah Anda mengapa memanggang bisa membuat beberapa bagian menjadi hitam?

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1365352.jpg

Sebelum menggali lebih dalam misteri ini, perlu diingat, barbeque dan memanggang adalah dua hal berbeda. Meski kata barbeque sering kali digunakan untuk aktivitas persiapan makanan di luar rumah, 'barbeque' berarti memasak daging menggunakan kayu atau arang.



Bagian hitam muncul karena adanya reaksi pembakaran

Pertama, menurut ahli kimia makanan Sara Risch, panas menciptakan reaksi coklat dari asam amino dan gula. Jika panas memanasi terus menerus, daging mulai hangus, lanjutnya.

Kedua, seiring terbakarnya gula dan protein, bekas hitam akan muncul yang sebagian merupakan hasil pembakaran karbon, elemen umum pada semua makhluk hidup.

Sedikit karbon yang hangus bisa menimbulkan aroma asap pada daging. Namun, jika terlalu banyak yang hangus bisa berbahaya.

Studi yang dipresentasikan di pertemuan American Association for Cancer Research 2006 ini menemukan, bekas hitam pada daging bisa meningkatkan risiko kanker prostat pada tikus.

Studi serupa di ajang sama pada 2009 menemukan, kanker pankreas pada manusia terkait konsumsi daging matang. Di musim panas ini, sebaiknya Anda matikan pemanggang Anda atau Anda bisa memanggangnya dengan tidak terlalu lama.

Sumber :
teknologi.inilah.com

0 comments:

Post a Comment