10 Wisata Air Terbaik Dunia

SEKIRA 70 persen wilayah permukaan Bumi didominasi oleh air. Tidak heran, tempat-tempat wisata terindah di dunia sebagian besar ada di air.
BANYAK tempat wisata terindah di dunia meliputi wilayah laut lantaran Bumi sebagian besarnya terdiri dari air. Sebagian menyimpan keindahan luar biasa.

Simak ulasan 10 wisata air terbaik di dunia, . Apa sajakah wisata buatan tersebut? cekidot

1.Great Barrier Reef, Australia:
Great Barrier Reef, Australia





Great Barrier reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia.
Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Great Barrier Reef. Taman terumbu karang ini dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia, juga dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1981.

2. Air Terjun Victoria, Zimbabwe-Zambia:
Air Terjun Victoria, Zimbabwe-Zambia





Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.

Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128m (420 kaki). David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, "asap menggelegar".


3. Kanal Venesia, Italia:
Kanal Venesia, Italia





Terbaik dinikmati ketika musim panas, kanal venesia dan gondolanya merupakan salah satu tempat paling romantis di dunia. Kota Venesia memang adalah 700 pulau kecil yang dihubungkan sekira 150 kanal, membuatnya tampak seperti kota yang mengapung. Kanal utamanya, Grand Canal yang panjangnya tiga kilometer dipagari hiasan bergaya Renaissance mewah.

4. Sungai Li, China:
Sungai Li, China




Sungai sepanjang 83 kilometer yang membentang diantara Kota Guilin dan Yangshuo ini telah menginspirasi seniman dan sastrawan selama ribuan tahun. Sungai ini melewati puncak-puncak gunung kapur, membuat pemandangan di dalamnya terlihat sangat indah, apalagi dengan kabut-kabut yang membuat suasana menjadi mistis. Setiap kelokan sungai menyimpan kejutan, mulai kerbau yang dibawa para petani China hingga penduduk berlayar di atas rakit bambu.


5. Terusan Suez, Mesir:
Terusan Suez, Mesir





Terusan Suez di sebelah barat Semenanjung Sinai, merupakan terusan kapal sepanjang 163 km yang terletak di Mesir, menghubungkan Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah. Terusan Suez dibuka 1870 dan dibangun atas prakarsa insinyur Perancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps.
.


6. Danau Como, Italia:
Danau Como, Italia





Danau Como merupakan nama danau yang terletak di Italia utara. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Italia setelah Danau Garda dan Danau Maggiore. Danau Como memiliki luas 146 kilometer persegi. Dengan pemandangan air biru dalamnya, danau ini dijuluki "cermin Dewi Venus". Daerah sekeliling danau diliputi pemandangan pegunungan, pepohonan, dan desa-desa mungil.


7. Danau Baikal, Rusia:
Danau Baikal, Rusia





Danau Baikal adalah danau terdalam, tertua di dunia, dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20 persen air tawar dunia dan lebih dari 90 persen air tawar Russia.

Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat Kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul", artinya "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia".

Dikelilingi hutan dan gunung-gunung bersalju, danau ini memersembahkan sebuah kecantikan luar biasa. Saat musim dingin, air danau membeku menjadi es yang sangat tebal, bahkan kereta wisata Trans-Siberia bisa melewati permukaan danau sedalam 40 meter ini.

8. Sungai Nil, Mesir:
Sungai Nil, Mesir





Sungai Nil adalah satu dari dua sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil mengalir sepanjang 6.650 km atau 4.132 mil dan membelah tak kurang dari sembilan negara, yaitu Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan tentu saja Mesir. Karena sungai Nil sama artinya dalam sejarah bangsa Mesir (terutama Mesir kuno), maka sungai Nil identik dengan Mesir.


9. Bora-Bora, Pasifik Selatan:
Bora-Bora, Pasifik Selatan




Pulau yang masuk dalam jajaran kepulauan Polynesia ini disebut sebagai pulau terindah di dunia. Laguna biru yang dilingkari terumbu karang mengitari pulau ini, dimahkotai gunung volkano setinggi 727 meter. Bora-bora terkenal sebagai destinasi bulan madu paling populer di dunia.


10. Laut Mati, Israel :
Laut Mati, Israel






Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania Di 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi. Laut Mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina, Laut Mati memiliki titik terendah di Bumi pada 1.300 kaki (400m) di bawah permukaan laut.

Danau ini dinamakan Laut Mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam ini. Laut Mati memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh laut di dunia. Kadar garamnya sekitar 32 persen, bandingkan kadar garam rata-rata 3 persen pada Laut Tengah atau Mediteranian.

Sejak dulu, material Laut Mati diketahui mempunyai efek memercantik kulit. Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memerbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah, dan dapat membantu kesehatan

0 comments:

Post a Comment