Sejarah, Pengertian dan Fungsi Bank Dunia

bank dunia
Artikel berikut ini akan membahas mengenai sejarah, pengertian, dan fungsi Bank Dunia. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai serba serbi Bank Dunia kepada pihak-pihak yang membutuhkannya seperti para pelajar, mahasiswa, maupun ahli ekonomi. Berikut uraian sejarah, pengertian, dan fungsi Bank Dunia.

Pengertian Bank Dunia
Bank Dunia adalah sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal. Tujuan resmi Bank Dunia adalah pengurangan kemiskinan. Berbeda dengan Group Bank Dunia, Bank dunia hanya terdiri dari dua lembaga saja, yaitu IBRD atau Bank Internasional untuk rekonstruksi dan Pembangunan serta IDA atau Asosiasi Pembangunan Internasional. Pengoperasian Bank Dunia dijaga melalui pembayaran sebagaimana diatur oleh negara-negara anggota.

Sejarah Bank Dunia
Bank Dunia didirkan pada 27 Desember 1945 setelah ratifikasi internasional mengenai perjanjian yang dicapai pada konferensi yang berlangsung pada 1 Juli–22 Juli 1944 di kota Bretton Woods. Konferensi itu diikuti oleh delegasi dari 44 negara, namun yang paling berperan dalam negosiasi pembentukan Bank Dunia adalah AS dan Inggris.

Sejak tahun 1960-an, pemberian pinjaman difokuskan kepada negara-negara non-Eropa untuk membiayai proyek-proyek yang bisa menghasilkan uang, supaya negara yang bersangkutan bisa membayar kembali hutangnya. Pada Era 1968-1980, pinjaman Bank Dunia banyak dikucurkan kepada negara-negara Dunia Ketiga, dengan tujuan ideal untuk mengentaskan kemiskinan di negara-negara tersebut.

Peran dan fungsi Bank Dunia
Bank dunia berfungsi untuk mengurangi serta menghilangkan kemiskinan di negara-negara terkait. Aktivitas Bank Dunia saat ini difokuskan dalam bidang seperti pendidikan, pertanian dan industri. Bank Dunia memberi pinjaman dengan tarif preferensial kepada negara-negara anggota yang sedang dalam kesusahan. Sebagai balasannya, pihak Bank juga meminta bahwa langkah-langkah ekonomi perlu ditempuh agar misalnya, tindak korupsi dapat dibatasi atau dengan dikembangkannya demokrasi.

Selain itu, Bank Dunia juga memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi dan politik global. Bank dunia juga memiliki fungsi sebagai pemimpin CGI forum CGI, sebagai penyedia hutang dalam jumlah besar, serta sebagai pendorong pemerintah Indonesia untuk melakukan privatisasi dan kebijakan yang memihak pada perusahaan-perusahaan besar.

Baca juga:
Lowongan Kerja Bank Syariah Mandiri

1 comments:

khusnul marlia said...

Rajalistrik.com

Post a Comment